Cara Agar Motor Tidak Dicuri (WAJIB TAHU)

Cara Agar Motor Tidak Dicuri

Cara Agar Motor Tidak Dicuri. Motor termasuk salah satu alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat Indonesia mengingat kepraktisannya, karena bisa menerjang kemacetan. Hal ini berbeda dengan menggunakan mobil, berkendara dengan motor juga lebih leluasa.

Namun di sisi lain, motor juga termasuk transportasi yang mudah diincar para pencuri karena lebih mudah dibawa ketimbang mobil. Intip cara agar motor tidak dicuri disini!

Ini Cara Agar Motor Tidak Dicuri dengan Ampuh

Jika anda tidak ingin aset berharga ini dicuri orang yang tidak bertanggung jawab, sebaiknya ikuti trik cara agar motor tidak dicuri berikut ini :

  1. Pilih Tempat Parkir

Supaya motor tidak mudah menjadi incaran pencuri, maka salah satu triknya ialah pilih tempat parkir yang aman. Anda bisa memilih area parkir yang dijaga tukang parkir secara resmi.

Pastikan pula ketika memilih lokasi tempat parkir sebaiknya jangan pilih yang lokasinya paling belakang. Sebab kalaupun ada yang menjaganya, biasanya area paling belakang akan sulit diawasi dan cenderung lebih rawan. Pastikan pula area parkir yang anda pilih terdapat CCTV.

  1. Kunci Stang

Kunci stang ketika anda memarkirkan motor. Trik ini harus menjadi kebiasaan agar motor tidak mudah diambil orang.

Baik itu ketika anda memarkirkannya di rumah maupun di tempat parkiran umum. Seain itu, lengkapi pula dengan Secure key shutter, tujuannya untuk mempersulit pencuri membawa motor.

Usahakan motor anda ditinggalkan di tempat parkiran dalam keadaan stang terkunci serta menghadap ke samping kiri. Hal tersebut bisa mempersulit pencuri ketika ingin merusak kunci.

  1. Pakai GPS

Untuk melengkapi perlindungan sebagai salah satu cara agar motor tidak dicuri adalah dengan menggunakan Global Positioning System atau GPS.

GPS adalah alat keamanan paling tepat bagi kendaraan anda. Melalui alat ini, tentu saja anda bisa lebih leluasa ketika memarkirkan kendaraan di area parkir. Bahkan fitur yang satu ini sangat pas bagi yang tinggal di Kawasan rawan pencurian.

Baca Juga : Gadai BPKB Motor 1 Jam Cair

  1. Jangan Meninggalkan Kunci Motor

Jangan pernah meninggalkan kunci motor, karena bisa berakibat fatal. Jika membiarkan kunci motor tertinggal, tentu saja meningkatkan resiko pencurian motor. Oleh sebab itu, pastikan untuk tidak lupa dengan kunci motor.

Saat anda hendak meninggalkan motor di tempat parkir, sebaiknya cek terlebih dahulu apakah kuncinya sudah dicabut dan diamankan ataukah belum. Jika dipastikan sudah aman, silahkan tinggalkan motor di area parkir yang aman.

  1. Tambahan Pengaman

Berikan tambahan pengaman, seperti memakai gembok maupun pengaman lainnya. Anda juga dapat menambahkan gembok untuk dikaitkan ke dalam lubang pada rem cakram yang ada di bagian depan.

Bisa juga menyematkan gembok tersebut di rantai bagian belakang pada motor dengan transmisi manual.

  1. Amankan Barang Berharga

Cara agar motor tidak dicuri lainnya yaitu sebaiknya amankan barang berharga anda, jangan menyimpan barang berharga di motor, baik itu jas hujan, jaket maupun helm. Apalagi helm, biasanya menjadi incaran si pencuri untuk mengambil motor dan barang berharga anda sekaligus.

  1. Sode Stand Switch

Anda juga bisa menerapkan teknologi bernama Side Stand Switch, yang saat ini telah banyak diterapkan di banyak kendaraan bermotor. Melalui fitur satu ini, si pencuri akan kesulitan saat hendak mengambil motor.

Sebab fitur tersebut secara otomatis bisa membuat motor anda mati ketika standar samping pada motor tidak dinaikkan. Akan tetapi jika anda memarkirkan motor seperti ini, sebaiknya pakai standar ganda untuk mempersulit aksi pencurian.

  1. Pasang Alarm

Pada motor-motor premium biasanya sudah disematkan alarm. Salah satunya yaitu pada All New Honda PCX 2018 dengan alarm yang telah dipasangkan pada motornya.

Akan tetapi, anda juga dapat membeli tambahan alarm pada motor. Dengan pemasangan alarm ini, memberikan rasa nyaman dan aman ketika memarkir kendaraan tanpa khawatir terjadi kehilangan.

  1. Amati Keadaan Sekitar

Cara agar motor tidak dicuri berikutnya yaitu amati keadaan di sekitar. Biasanya si pencuri selalu mengamati dan mengawasi kendaraan bermotor dan pengendaranya.

Saat sepeda motor incarannya diparkir, kemudian mengetahui pemiliknya meninggalkan motor, maka dengan sigap si pencuri langsung melancarkan aksinya.

Oleh sebab itu, sebelum meninggalkan motor silakan cek dan amati kondisi di sekitar. Pastikan apakah ada yang terlihat mencurigakan, atau paling tidak anda bisa terus mengamati motor setiap lima menit sekali.

Tentu saja tidak perlu harus selalu berada di samping motor, anda bisa mengamati kendaraan lewat jarak jauh.

  1. Memakai Stiker

Banyak yang mungkin tidak menyadari, bahwa memberikan stiker pada kendaraan bermotor anda bisa menjadi salah satu trik ampuh untuk menghindari curanmor. Biasanya si pencuri akan berpikir dua kali untuk mengambil motor yang telah disematkan stiker.

Anda bisa menambahkan tanda pengenal atau stiker komunitas seperti perkumpulan motor. Tidak hanya itu, fungsi tempelan stiker tersebut juga bisa membuat anda lebih mudah mencari motor kesayangan di parkiran.

  1. Mencabut Sekring atau Fuse

Cara agar motor tidak dicuri ini dapat dilakukan apabila letak sekring atau fuse mudah dijangkau, seperti pada motor-motor sport yang terletak di bawah jok.

Dengan melepas sekring, bisa membuatĀ  semua sistem kelistrikan pada motor akan mati total meskipun kunci kontak dinyalakan atau dalam kondisi menyala. Trik ini sangat berguna dalam meminimalisir aksi pencurian motor.

  1. Gunakan Engine Cut Off

Biasanya untuk motor-motor sport ada engine cut off di bagian stang kanan yang berwarna merah. Ketika parkir, maka tidak ada salahnya jika mengaktifkan engine cut off ini untuk mempersempit peluang kehilangan motor kesayangan.

  1. Memasang Saklar Rahasia

Saklar rahasia juga dapat difungsikan sebagai sebuah engine cut off. Meskipun kunci kontak menyala atau on, tapi kelistrikan pada motor tidak dapat menyala tanpa saklar rahasia diaktifkan terlebih dahulu.

  1. Mengasuransikan Kendaraan Bermotor

Meskipun kendaraan bermotor anda telah disematkan fitur dan teknologi canggih, namun tetap saja dapat dibobol si pencuri kelas kakap.

Sebenarnya mengasuransikan motor anda bukan termasuk bagian cara agar motor tidak dicuri, namun bisa membantu ketika pencurian tidak bisa dihindari. Ketika anda membeli motor dengan cara kredit, umumnya akan diikutsertakan pada program asuransi.

Hal ini berbeda dengan melakukan pembelian tunai. Bagi yang berencana untuk membeli asuransi kendaraan bermotor, sebaiknya pilih asuransi dengan premi murah dan mudah diklaim. Asuransi ini sangat berguna apabila sewaktu-waktu terjadi kehilangan motor.

Ada 2 jenis asuransi kendaraan yang perlu diketahui, yaitu asuransi all risk dan total loss only. Adapun asuransi kendaraan dengan jaminan hanya apabila kendaraan hilang karena pencurian adalah jenis total loss only.

Karena harga motor yang tidak bisa dibilang murah, tentu sudah seharusnya anda mengantisipasi dan mencegah terjadinya aksi pencurian dengan cara agar motor tidak dicuri.

Apalagi jika motor yang anda miliki hanya satu-satunya dan digunakan untuk mobilitas sehari-hari, dalam bekerja atau mengantar anak-anak ke sekolah. Melalui cara-cara di atas, membuat pemilik motor sedikit lebih lega karena setidaknya telah meminimalisir resiko curanmor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.