Bagaimana Teknologi Informasi Mengubah Cara Hidup Manusia

Bagaimana teknologi informasi mengubah cara hidup manusia.png

Bagaimana teknologi informasi mengubah cara hidup manusia? Teknologi atau istilah lainnya IT adalah akronim dari Informasi dan Teknologi yang sudah dikenal sebelum ilmu sains dan ilmu Teknik berkembang seperti saat ini.

Istilah Teknologi bukan hanya semata-mata dihubungkan dengan gadget saja atau teknologi yang menggunakan mesin, namun lebih ke arah penemuan baru sebagai perkembangan dari penemuan lama. Lantas, Bagaimana Teknologi Informasi Mengubah Cara Hidup Manusia? Penasaran? Mari kita simak contoh berikut!

Baca Juga : Phising Instagram, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Contoh sederhana dari teknologi yaitu adanya roda yang dapat digunakan untuk mobilisasi perpindahan sesuatu. Bisa berupa perpindahan benda atau orang dengan cepat dibandingkan dengan penemuan sebelumnya yang hanya menggunakan alat sangat sederhana dengan bantuan manusia.

Bahkan untuk memindahkan objek tersebut harus lebih dari satu orang agar dapat berpindah posisi dari satu tempat ke tempat lainnya.

Mengenal Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang berhubungan dengan kebutuhan manusia ketika akan membuat, menyimpan, menyebarkan informasi dan mengomunikasikannya agar mempermudah dalam setiap urusan yang sedang dihadapi.

Dengan demikian, maka kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari oleh siapapun apalagi selalu berjalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan yang tidak ada habisnya.

Setiap inovasi yang datang dari berbagai sektor selalu memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia karena dengan segala kemudahannya bisa mengubah cara pandang hidup dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Konsep Teknologi

Sebelumnya manusia sama sekali tidak mengenal bahkan memahami konsep teknologi sama sekali. Jika flashback ke belakan, saat masih zaman batu hanya mengenal teknologi dalam bentuk alat sederhana untuk mencari makan dan Bertani. Dan alat tersebut sangatlah sederhana sekali dengan menggunakan bahan dasar seperti bambu, kayu, batu, dan bahan-bahan lainnya.

Seiring dengan berjalannya waktu dan dengan tingkat kemajuan budaya serta peradaban manusia, maka teknologi semakin berlembang dengan sangat cepat.

Kesimpulannya adalah, semakin maju suatu kebudayaan di daerah tertentu, maka akan semakin cepat pula teknologi berkembang di tempat tersebut.

Dengan berjalannya waktu, maka konsep teknologi mulai terbentuk apalagi dalam setiap sektor terdapat teknologi yang mampu mempermudah dan memperlancar sektor tersebut.

Akhirnya, dengan perkembangan teknologi memunculkan beberapa siklus perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terbagi ke dalam lima tahapan, yaitu :

  • Siklus revolusi teknologi yang terjadi di tahun 1760.
  • Perkembangan dimulainya industry kereta api pada tahun 1848.
  • Ditemukannya dengan ban berjalan yang dapat mempermudah mobilisasi pada tahun 1895.
  • Ditemukannya tenaga atom dan juga motorisasi massal pada tahun 1945, dan
  • Perkembangan mikro elektronik dan bioteknologi.

Kelima sikus di atas dinyatakan sebagai siklus kondratif yang berulang setiap 50 tahun sekali. Teknologi yang berkembang dengan pesat akan sangat sulit dipisahkan dengan kehidupan manusia sehari-hari, yang pada awalnya teknologi merupakan bagian dari ilmu. Namun saat ini justru ilmu yang bergantung dari teknologi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah hasil dari olah pikir manusia dengan tujuan tertentu, demi mewujudkan berbagai tujuan hidup tersebut. Hal ini dikarenakan teknologi dijadikan sebagai sebuah instrument untuk mencapai tujuan.

Pada saat manusia berada di tahapan irasional, manusia sudah mampu menghasilkan berbagai macam teknologi yang sangat sederhana.

Seiring dengan berjalannya waktu, berdasarkan perkembangan rasionalitasnya, manusia telah menghasilkan berbagai macam teknologi yang bisa dibilang tidak sederhana.

Namun pada akhirnya teknologi dimanfaatkan sebagai sebuah alat dalam mencapai tujuan hidup agar lebih mudah, maju, dan berkembang.

Janji Teknologi Untuk Kehidupan Manusia

Hal utama yang harus mendapat perhatian khusus adalah bahwa setiap teknologi akan mendapakan keuntungan yang menjanjikan terkait kemudahan, efisiensi, dan peningkatan produktivitas. Sebagai contoh teknologi informasi mengubah cara hidup manusia di antaranya :

1. Menjanjikan Perubahan

Setiap penemuan baru akan melahirkan banyak perubahan di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Kehadiran teknologi baru maka akan menjadi subsistem baru, yang mau tidak mau harus menyesuaikan diri dari teknologi terbarukan.

Sebagai contoh dapat merubah pola aktifitas sehari-hari yang semula tidak menggunakan kendaraan, sekarang menggunakan kendaraan. Selain itu, dari yang semula tidak ada hiburan televisi, sekarang dengan adanya televisi maka informasi akan cepat tersampaikan dan dapat mempengaruhi pola hidup.

2. Menjanjikan Kecepatan

Dengan teknologi, maka setiap pekerjaan akan bisa diselesaikan dengan sangat cepat. Contohnya adalah dengan mengunakan komputer dapat mempercepat pekerjaan yang semula dengan cara manual, sekarang bisa di rekap dengan mudah menggunakan komputer.

Bahkan tidak ada tumpukan buku yang membuat ruang menjadi lebih sempit karena semua database disimpan hanya dalam komputer bahkan bisa menggunakan fitur cloud.

3. Menjanjikan Kemajuan

Teknologi bisa dikatakan sebagai simbol kemajuan suatu sektor tertentu. Siapapun yang dapat membuka jalan dalam berinovasi, maka teknologi sudah selangkah lebih maju dari sebelumnya.

Dengan begitu, selain informasi terbarukan bisa diakses dengan mudah, orang lain pun dapat menggunakan inovasi teknologi yang baru. Pada akhirnya, teknologi dinilai sebagai gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan.

4. Menjanjikan Popularitas

Setiap orang bebas berekspresi di layar kaca, apalagi zaman sekarang tidak perlu datang ke studio hanya sekadar ingin dikenal lebih banyak orang.

Karena anda bisa membuat diri anda terkenal tanpa bantuan studio, hanya dengan mengandalkan beberapa aplikasi populer, seperti menggunakan aplikasi-aplikasi popular yaitu : Tiktok, Youtube, Instagram, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, bisa memperkuat pendapat bahwa popularitas bisa dicapai dengan mudah menggunakan sistem teknologi tanpa repot.

5. Teknologi Mempengaruhi Produktivitas

Ketika berhubungan dengan usaha tertentu, maka tidak akan terlepas dari yang namanya produktivitas. Banyak sekali usaha baik skala kecil, sedang, maupun usaha skala besar yang memanfaatkan teknologi dengan harapan produktivitas lebih tinggi dan biaya menjadi lebih efisien.

Tidak sedikit banyak usaha sukses dengan memanfaatkan teknologi, karena biaya yang dikeluarkan semakin sedikit sedangkan keuntungan semakin besar. Itulah hebatnya teknologi untuk peningkatan produktivitas.

Masyarakat Melek Digital

Inilah zaman modern yang kita alami saat ini, yang ditandai dengan berkembang pesatnya teknologi digital. Akhirnya relasi yang dibangun antar individu berupa pertukaran digital karena semuanya menggunakan digital hanya sekadar mengobrol, bertransaksi, dan lain sebagainya.

Karena sudah serba digital, maka individu akan memiliki identitas digital yang terekam dengan teknologi secara digital sehingga tidak perlu dokumen secara fisik saja, melainkan dokumen dalam bentuk digital.

Beberapa diantaranya seperti e-KTP, nomor HP, nomor Rekening Bank, nomor Rekening Listrik, dan nomor-nomor transaksi lainnya yang dimudahkan.

Jadi, teknologi informasi telah berhasil mengubah cara hidup manusia sedikit demi sedikit dan akan terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Bahkan bukan tidak mungkin hal yang diluar nalar bisa diwujudkan dengan teknologi sehingga sangat rasional diterapkan.

Contoh yang paling sederhana adalah ketika orang-orang pada zaman dahulu menganggap terbang adalah hal yang mustahil, akan tetapi sekarang justru orang-orang bisa merasakan terbang dengan menggunakan teknologi yang dinamakan dengan pesawat terbang.

Itulah bagaimana teknologi informasi mengubah cara hidup manusia, sekian dan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.