Tips Menghindari Skimming Atm Sebelum Anda Menjadi Korban

cara mencegah terjadinya skimming

Sempat ramai dibicarakan salah satu bank besar mengalami skimming atau pencurian data oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Untuk itu kami akan membahas tentang tips menghindari skimming atm agar anda tidak terjebak.

Kerjadian tersebut seringkali dilakukan dan banyak korban berjatuhan, mereka menggangap mesin atm yang digunakan untuk transaksi aman.

Namun yang terjadi malah pelaku, sangat cerdik dalam men-setting mesin palsu dan mengkondisikan dengan baik.

Berikut adalah fakta dibalik kejahatan pencurian data nasabah via ATM :

Tanpa disadari saldo di rekening berkurang sedikit demi sedikit? selalu cek mutasi rekening anda, patut diwaspadai jika tidak merasa menggunakan uang untuk memenuhi kebutuhan. Dibawah ini adalah beberapa fakta dibalik tindak kejahatan skimming :

Rata-Rata Pelaku adalah Warga Negara Asing

Setiap polisi berhasil melakukan pembekukan, setelah ditelusuri identitasnya lebih lanjut. Para pelaku merupakan WNA dari negara Eropa (Rumania, Hungaria, Bulgaria).

Barang bukti yang diamankan antara lain berupa : 1). Deepskimmer; 2). Satu buah Encoder; 3). Tiga Buah Spycam; 4). 1447 Kartu Atm dengan Data Curian; 5). Kanopi pin pet;  6). Micro sd; 7). Mulut ATM.

Pemasangan Alat Skimming Hanya 5 Menit

Hanya dibutuhkan waktu sebentar untuk mengeruk uang nasabah, sekitar 5 menit untuk memasang alat tersebut.

Pemasangan skimmer diletakkan tepat di dalam slot mesin (tempat menaruh kartu), dan kamera tersembunyi diletakkan dekat area pin.

Jadi saat korban memasukkan pin, langsung terekam secara otomatis. Semua data dimasukkan ke dalam sebuah harddisk. Sebagian dana korban, dipindahkan ke Bitcoin sehingga mempersulit penyidik.

Tapi anda tidak perlu khawatir, kami akan bahas bagaimana tips menghindari skimming atm. Bagi kalian yang sudah tahu mungkin bisa silahkan dibaca kembali mungkin ada poin-poin yang terlupakan.

Sasarannya Tempat Umum

cara mengetahui skimmer atm

Lokasi strategis merupakan sasaran empuk untuk melancarkan aksi mereka, apalagi sekarang orang jarang sekali mempunyai uang tunai jadi harus mengambil di mesin ATM dulu.

Sebab, tempat umum kerap tidak mendapatkan pengawasan lebih. Para pelaku kejahatan memang sudah memantau dan memanfaatkan ATM dengan intensitas transaksi tinggi.

Himbauan bagi masyarakat adalah selalu tutup ketika senang input pin, bila menemukan sesuatu yang ganjil bisa langsung laporkan kepada pihak berwajib.

Penggunaan Satu Jari Saat Transaksi ATM

Memasukkan pin menggunakan 1 jari, dapat menjadi pemicu lain kejahatan skimming karena mudah terbaca.

Pihak kepolisian menyarankan untuk menggunakan kelima jari supaya polanya sulit tertebak oleh pelaku.

Para Pelaku Berbagi Peran

Pembagian peran antara satu sama lain demi memperlancar aksi jahat mereka. Mulai dari pengecekan tempat, penyediaan alat (software, hardware dan mesin skimming) sampai tahap eksekusi.

Alat canggih tersebut dikirim dari luar negeri, lalu tim operasional mencari mesin ATM agar bisa dipasang mesin skimming sehingga data calon korban langsung terekam.

Mengenal Metode Skimming

Tips Menghindari Skimming ATM

Skimming = Phising, dengan menyalin informasi pada strip magnetik kartu kredit dan debit. Fungsi dari strip adalah menyimpan data berupa suara, dan data itu adalah data perbankan nasabah.

Dibutuhkan beberapa perangkat seperti Wifi Pocket Router dan perangkat kamera yang telah dimodifikasi hampir sama persis seperti tombol penginput pin.

Menduplikasi data di dalam strip magnetik lalu dikloning menggunakan ATM Kosong, cara canggih lainnya dengan menggunakan laptop. Semua data nasabah akan masuk melalui pesan singkat.

Bagi pembaca yang masih bingung bagaimana bentuk skimmer, kalian pasti tahu alat akses di hotel atau perkantoran untuk merekam kartu akses? Seperti itulah bentuknya.

Tips Menghindari Skimming ATM

skimming atm adalah

Mengingat dunia perbankan sudah menjamur sampai pelosok tanah air. Demi kenyamanan dan keamanan nasabah perlu mengganti kartu menggunakan Chip.

Mempertimbangkan lokasi mesin ATM dan perlunya satpam untuk menjaga area harus menjadi perhatian lebih.

Kejadian pencurian data nasabah sudah terjadi sejak 10 tahun yang lalu, perlu evaluasi mendalam dan langkah cepat untuk menanggulanginya.

Cara mencegah agar anda tidak menjadi korban :

Cek Area Secara Hati-Hati Jika Ingin Bertransaksi

Sebelum mengambil uang waspadalah dengan lokasi anda, sedikit hindari untuk bertransaksi di toko-toko; restoran; apalagi bandara yang sangat rentan dan minim pengawasan.

Teliti Kondisi Mesin

Kroscek terlebih dahulu apakah slot kartu itu asli atau hanya tempelan, pasti anda akan merasakan keanehan saat memasukkan kartu. Bila memang betul ada hal ganjil sebaiknya segera laporkan kepada karyawan supermarket atau hubungi pihak Bank.

Selalu Menutupi Tangan Saat Memasukkan Pin

Sebaiknya pin hanya ada saja yang mengetahuinya agar tidak disalahgunakan, ketika antre mengambil uang pastikan orang disebelah atau belakang tidak bisa melihat pin tersebut. Penjelasan mengenai harus menutupi tempat pin sudah dibahas sebelumnya.

Cek Saldo Secara Rutin

Tips menghindari skimming ATM yang kelima jangan lupa selalu mengecek saldo atm kalian, apalagi kalau mempunyai mobile banking pasti lebih mudah.

Bila terdapat transaksi aneh atau uang berkurang setiap hari padahal tidak merasa menggunakan uang. Harus dicurigai takutnya anda terkena skimming.

Kartu ATM anda sudah berchip? Jika iya tidak perlu khawatir lagi dengan kejahatan skimming, tetapi kalau sebaliknya segera datang ke Bank untuk meminta ganti.

Kelebihan Kartu Berchip

atm kena skimming

Transaksi Lebih Aman

Rusaknya reputasi Bank karena tidak bisa mencegah kejahatan skimming. Semua data nasabah bobol dan merugikan semua pihak. Sebelum terlambat alangkah baiknya lembaga perbankan meningkatkan sistem keamanan.

Lemahnya teknologi pita magnetik yang terdapat pada kartu ATM disebabkan karena tidak dilengkapi dengan kode rahasia/enkripsi data.

Lain halnya kalau kartu tersebut telah menggunakan chip sehingga mampu melindungi kerahasiaan data nasabah.

Kapasitas Penyimpanan Data Lebih Besar

Setiap kartu ATM langsung terhubung pada produk tabungan bank yang dimilikinya, tak hanya data nasabah namun juga segala proses transaksi.

Besarnya kapasitas penyimpanan sangat berpengaruh terhadap kecepatan transaksi dan juga lebih mudah dibaca oleh mesin ATM atau EDC.

Nominal Transaksi Lebih Besar dari Sebelumnya

Inilah yang paling disukai dari nasabah dalam melakukan transaksi keuangan penggunaan kartu berchip nominalnya bisa lebih besar dibandingkan kartu sebelumnya.

Kalau anda masih menggunakan kartu magnetik harus berhati-hati, dalam setiap pengajuan dana gadai BPKB Mobil di Jakarta, Motor atau Sertifikat Rumah dapat menggunakan metode transfer atau tunai untuk pencairan dananya, lalu apa masalahnya?

Otomatis anda pasti mengecek uang tersebut apakah sudah masuk atau belum di mesin ATM terdekat.

Sampai disini sudah paham?

Bagaimana cara mengganti kartunya?

Kunjungi kantor cabang terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu ATM lama dan KTP asli, sampaikan pada customer service bahwa anda ingin mengganti kartu.

Penggantian kartu sama sekali tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Keuntungan lain, kalau anda berbelanja di supermarket atau makan di restoran dan tempat tersebut menyediakan mesin EDC (tanpa gesek kartu). Untuk meminimalisir kesalahan atau kegagalan pembayaran.

Semoga tips menghindari skimming atm diatas bisa bermanfaat untuk anda dan orang sekitar, karena belum tentu semua orang tahu tentang seluk beluk skimming dan pencegahannya. Mau tahu apa kata Otoritas Jasa Keuangan mengenai kasus kejahatan skimming?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.