Istilah Penting Dalam Simulasi Kredit Mobil

istilah penting dalam simulasi kredit mobil

Sebelum membeli mobil untuk menunjang aktivitas sehari-hari, kita harus cari tahu terlebih dahulu istilah penting dalam simulasi kredit mobil.

Berapa biaya perbulan + bunganya guna untuk mengukur kemampuan dalam membayar dan menghindari denda.

Biasanya konsumen mencari informasi di internet jika tidak ada waktu senggang karena pekerjaan kantor yang sangat padat dan mengharuskan lembur.

Jika ingin mengunjungi pameran otomotif silahkan saja. Setiap sales siap memberikan brosur berisi list harga serta menjelaskan fitur-fitur mobil.

Baca juga: Tips Menghindari Skimming ATM Sebelum Anda Menjadi Korban

Sangat praktis bukan?

Sekarang ini untuk memiliki kendaraan pribadi incaran sudah dimudahkan dengan cara mengangsur, kalau bisa membayar secara tunai langsung juga tidak jadi masalah.

Dengan begitu bila ada acara keluarga atau pulang ke kampung halaman dapat menekan pengeluaran tiket.

Simulasi Kredit Mobil

istilah dalam kredit perbankan

Setiap perusahaan atau lembaga keuangan Bank dan Non Bank memiliki ketentuan simulasi yang berbeda-beda.

Tetapi meskipun demikian, skema penghitungan dan istilah penting dalam simulasi kredit mobil yang diterapkan tetap sama pada umumnya.

Walaupun sudah banyak pihak yang menawarkan simulasi, namun masih ada calon konsumen bingung bagaimana cara menghitungnya.

yuk, kita cari tahu lebih lanjut agar pembelian sesuai budget (tidak kurang atau lebih) dan sesuai kemampuan.

Awalnya pihak leasing/ bank/ dealer akan menjelaskan terlebih dahulu secara berurutan persyaratan, perjanjian, dan hitungan.

Sebelumnya pilih tipe mobil sesuai keinginan konsumen, kemudian perhatikan : 1). Suku Bunga; 2). Tarif Asuransi; 3). Biaya Administrasi; 4). Tenor; 5). Besar Uang Muka.

Beikut adalah penjelasannya :

Suku Bunga

Setiap lembaga pembiayaan menerapkan bunga pada mobil yang dibeli secara kredit sesuai jangka waktu yang telah ditentukan.

Semakin lama tenor yang diambil, maka semakin besar bunganya. Tapi tidak perlu cemas tanyakan pada lembaga pembiayaan tentang pembayaran dipercepat.

Tarif Asuransi

Untuk tenor 1-3 tahun tarif asuransi berkisar 7,5% – 9,5% dari harga kendaraan.

Biaya Administrasi

Estimasi selama 1 tahun biaya yang harus dikeluarkan untuk administrasi sekitar Rp. 350.000. lalu, Rp. 450.000 2 tahun, dan Rp. 550.000 untuk 5 tahun, dst.

Tenor

Semakin panjang tenor yang diambil memang di satu sisi membuat bunga semakin besar, sedangkan disisi lainnya konsumen sudah harus menyiapkan dana khusus kredit dari jauh-jauh hari.

Besar Uang Muka

Konsumen bisa meminta gambaran angsuran atau biasa kita sebut simulasi, sesuai dengan uang muka yang dibayarkan. Semakin besar DP maka angsuran perbulan tidak terlalu berat.

Langkah-Langkah Dalam Menghitung Simulasi Kredit Mobil

istilah ph dalam kredit mobil

Banyak yang masih tidak paham bagaimana tahapannya mulai dari awal hingga akhir, berikut ini kami informasikan detail serta perhitungannya.

Pertama (Tentukan Uang Muka)

Harga mobil Suzuki Ertiga terbaru sekiktar Rp. 250 Juta, anda ingin membayar DP sebesar 50% untuk memperkecil angsuran berarti :

Uang Muka = 50% x Harga Kendaraan

Jadi, 50% x Rp. 250 Juta = Rp. 125 Juta

Setiap leasing atau sudah menentukan minimal DP sebesar 20%, sehingga bila calon konsumen mau membayar DP boleh saja.

Istilah penting dalam simulasi kredit mobil adalah Down Payment.

Kedua (Tentukan Pokok Kredit)

Langkah selanjutnya, hitung pokok kredit atau sisa yang harus dibayarkan.

Rumusnya, yaitu PK = Harga Mobil – DP

Maka, Rp. 250 Juta – Rp. 125 Juta = Rp. 125 Juta

Ketiga (Tentukan Tarif Suku Bunga)

Jangan lupa menghitung tarif bunga yang wajib dibayarkan. Caraya menghitungnya mudah, cukup mengalikan pokok kredit (PK) dengan persenan bunga (TB%) sudah ditentukan berdasarkan tenor.

Rumus Hitungan :

Tarif Suku Bunga = Pokok Kredit x TB%

Maka, bila tenor yang diambil sekitar 3 tahun, persenan bunganya adalah 8%. Sehingga, Rp. 125 Juta  x 8% = Rp. 10 Juta x 3 Tahun = Rp. 30 Juta.

Keempat (Tentukan Besaran Angsuran)

Sudah mendapatkan hitungan jumlah tarif bunga selama 3 tahun yang harus dibayarkan, sekarang calon konsumen tinggal menghitung besaran cicilan.

Rumusnya adalah tambahkan pokok kredit (PK) dan Tarif Bunga (TB) lalu dibagi dengan jangka waktu kredit (JW).

Hasilnya, (Rp. 125 juta + Rp. 30 Juta) : 3 tahun (36 bulan) = Rp. 4,305,555

Kelima (Tentukan Tarif Asuransi dan Biaya Administrasi)

Tidak ketinggalan juga hitunglah tarif asuransi, rumusnya adalah 9,5% (tarif asuransi selama 3 tahun)  x harga kendaraan = 9,5% x Rp. 250 Juta = Rp. 23,750,000 Juta

Biaya administrasi selama 3 tahun kisaran Rp. 550.000

Total pembayaran angsuran pertama kredit kendaraan anda adalah sebagai berikut :

Uang Muka + Cicilan Bulan Pertama + Tarif Asuransi + Administrasi = Rp. 125 Juta + Rp. 4,305,555 + Rp. 23,750,000 + Rp. 550,000 = Rp. 153,605,555

Istilah Penting Dalam Simulasi Kredit Mobil

arti otr dan tdp

Berikut ada istilah yang patut anda ketahui dalam simulasi :

Harga On The Road dan Harga Off The Road

On the Road (OTR), kendaraan sudah layak jalan karena berkasnya seprti BPKB dan STNK lengkap. Nominal harga OTR sudah termasuk harga beli sekaligus biaya balik nama dan biaya kepengurusan surat kendaraan.

Sementara Off The Road adalah harga beli kendaraanya saja tidak termasuk dengan berkas-berkasnya.

Kendaraan sistem Off The Road akan mengeluarkan uang lebih lagi untuk mengurus segala berkas penting.

Total Down Payment (TDP)

Down Payment = Uang Muka, biaya tanda jadi pembelian yang harus dibayarkan di awal. TDP dihitung dari penjumlahan antara DP, biaya provisi, asuransi, dan angsuran kredit pertama.

ADDM dan ADDB

ADDM = Angsuran dibayar di muka (Cicilan Pertama dibayarkan dengan DP. TD lebih tinggi, tetapi tenor angsuran akan berkurang satu kali. Contohnya, jika konsumen mengambil angsuran 12 bulan (1 tahun) maka kamu cukup membayar 11 angsuran lagi.

Skema pembayaran tersebut memberatkan?

Anda bisa memilih ADDB = Angsuran dibayar Ke Belakang. TDP-nya lebih ringan dengan tenor pinjaman tetap dan angsuran pertama dibayar bulan berikutnya.

Asuransi All Risk dan TLO

Asuransi all risk mengcover semua jenis kerusakan sesuai yang tertera di kontrak, preminya berkisar antara 1,5 – 3% dari harga OTR mobil pertahun. Sedangkang TLO hanya melindung kendaraan dari kerusakan/kecelakaan diatas 70% atau kehilangan.

Premi pertahunnya 1% dari harga OTR, masing-masing jenis asuransi memiliki keunggulan dan kekurangan berbeda-beda. Sesuaikan dengan kebutuhan anda, bila hanya mampu asuransi TLO tidak perlu memaksakan asuransi All Risk.

Jaminan Fidusia

tenor adalah

Perjanjian hutang piutang kreditur kepada debitur yang melibatkan penjaminan, jaminan tersebut masih dalam penguasaan pemilik jaminan.

Kita tidak bisa menghindari adanya kebutuhan terdesak dan uang untuk membayar cicilan mobil terpakai.

Untuk itu, saat debitur mangkir membayar, maka pihak leasing (kreditur) berhak mengambil langkah eksekusi langsung.

Jumlah biaya fidusia disesuaikan dengan harga mobil yang mau dikredit, yakni : Rp. Rp. 25.000 (kendaraan dibawah Rp. 50 Juta), Rp. 50.000 (kendaraan diatas Rp. 50 Juta).

Plafon Kredit

Total utang yang sebenarnya yang diajukan dan harus dibayarkan setelah ditambahkan sejumlah biaya dan bunga yang dikenakan oleh Bank/lembaga non Bank.

Semoga anda sudah tidak bingung lagi mengenai istilah penting dalam simulasi kredit mobil dengan begitu transaksi akan berjalan dengan aman dan nyaman.

Sedikit bocoran bagi yang sudah tidak mampu melanjutkan angsurannya diakibatkan sedang mengalami kesulitan keuangan yaitu di take over atau pindah angsuran.

Kami melayani hal tersebut asal angsuran sudah berjalan lebih 50% dari total tenor.

Itu merupakan cara terbaik daripada unit yang Anda miliki harus ditarik oleh pihak leasing.

Atau dengan over kredit atau pindah unit kepada calon peminat mobil Anda, namun cara ini tidak kami rekomendasikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.