Bisnis Lokal Go International? Kapan Lagi?

Bisnis Lokal

Bisnis lokal merupakan suatu usaha dalam bentuk produk atau jasa yang ditawarkan kepada lingkungan sekitar, orang cenderung memahami istilah tersebut sebagai bisnis daerah karena bisnisnya berbentuk franchise atau cabang.

Patut diketahui bahwa perusahaan multinasional juga bisa masuk kedalam kategori tersebut. Apabila memang dibutuhkan perluasan usaha untuk menjangkau seluruh konsumen.

Sebelum membuka cabang pastikan produk anda memberikan manfaat dan brand sudah diketahui oleh sebagian orang.

Sebab branding bukan rahasia lagi sebagai penentu kesuksesan suatu bisnis, bagi yang masih beranggapan pengenalan merk pasti membutuhkan biaya mahal anda salah besar, sekarang ini banyak media sosial digunakan untuk mempromosikan produk, diri sendiri, pencarian info terkini dan lain-lain.

Cara Pemasaran Bisnis Lokal

bisnis lokal instagram

Setiap bidang usaha mempunyai teknik pemasarannya masing-masing, sebenarnya seberapa penting? Dan apa bedanya dengan branding?

Marketing atau pemasaran mencakup berbagai kegiatan binsis mulai dari perencanaan, penentuan harga, promosi, sampai pendistribusian.

Jika tidak dilakukan hal tersebut bagaimana orang akan tahu anda berjualan apa. Sehingga barang yang dijual tak laku.

Dengan melakukan pemasaran adalah sama saja kita memperkenalkan brand atau merk bisnis yang dijalankan.

Marketing adalah tool/alat/cara sedangkan merek merupakan identitas, mari kami contohkan andre mencalonkan diri sebagai ketua BEM kampus. Bagaimana orang akan tertarik memilihnya? Walaupun sebenarnya skill dan visi misi andre sudah memumpuni untuk memimpin.

Tapi apakah para mahasiswa/i pasti mengenalnya? Untuk itulah dibutuhkan pemasaran (promosi) agar semua mahasiswa tahu visi misi andre dan kemampuan dia.

Biasanya diberikan jangka waktu tertentu untuk masa promosi dan itulah saatnya menunjukkan kemampuan serta prestasi sebagai penguat.

Lalu bedanya dengan branding? Suatu kegiatan dalam bisnis untuk membangun merek bisnis lokal.

Kami akan ulas beberapa cara pemasaran klasik terlebih dahulu, trik klasik masih menjadi tren hingga saat ini. Apa saja itu?

Tatap Muka Antara Penjual dan Pembeli

Walaupun sekarang belanja sudah sangat mudah karena bisa dilakukan secara online, tapi ternyata masih ada beberapa konsumen memilih belanja ke tempatnya langsung.

Biasanya mereka memiliki banyak waktu untuk mendatangi tempat itu atau bisa juga kurangnya edukasi mengenai transaksi online.

Kalangan Ibu-Ibu yang kurang memahami apa itu transaksi belanja online menjadi faktor mereka lebih suka berbelanja ke pasar langsung dan memilih.

Dengan bertemu antara penjual dan pembeli interaksi satu sama lain lebih intens dari segi tawar menawar, deal harga sampai menjadi pembeli tetap. Barang dagangan bisa di cek langsung.

Pelayanan Super Ramah

Setiap pembeli mempunyai karakter berbeda-beda, pasti ada yang hanya bertanya harga saja sebagai pembanding toko sebelah atau sekedar lihat-lihat.

Segala pertanyaan pasti akan terlontar oleh mereka, jadi dibutuhkan kesabaran ekstra menjawabnya.

Memberikan Promo

layanan bisnis adalah

Siapa sih yang tidak tertarik promo besar-besaran? Buatlah promo setiap melakukan pembelian minimum Rp. 250.000 akan mendapatkan potongan sebesar 10% (berlaku kelipatan).

Branding Produk

Memperkenalkan produk ke khalayak agar mereka tahu produk yang anda jual dan kualitas barangnya seperti apa. Dalam hal ini pemilik bisnis lokal harus menjelaskan ciri khas atau perbedaan signifikan produk yang dimiliki dibandingkan kompetitor.

Packaging atau Kemasan

Gunakan kemasan menarik, jangan hanya memberikan pembeli kantong kresek hitam saja. Tapi buatlah sekreatif mungkin.

Cantumkan logo atau brand usaha anda, untuk meningkatkan antusiame pembeli untuk selalu repeat order.

Fast Response

Sebagai pemilik usaha anda pasti sudah tahu segala sudut produk yang dijual, sehingga saat ada yang mempertanyakan barang tersebut penjual bisa merespon dengan cepat. Kalaupun ada yang tidak paham mintalah kepada pembeli untuk menunggu jawabannya.

Wah ternyata tidak jauh berbeda dengan transaksi online yang membedakan hanya tidak tatap muka. Semua kembali kepada calon pembeli lebih nyaman melakukan pembelian barang atau memakai jasa online atau offline.

Kalau pemasaran secara online yang efektif bagaimana ya? Ini hal-hal yang bisa anda terapkan :

Melalui Media Sosial

Negara Indonesia merupakan salah satu pengakses media sosial terbanyak di Dunia, maka tak heran jika sekarang sedang gencar-gencarnya transaksi melalui Instagram atau Facebook.

Lamanya waktu pengguna media sosial dimanfaatkan beberapa pemilik usaha untuk menarik trafik pengunjung dan membangun kepercayaan.

Di media sosial orang paling tidak suka “diperjualkan” karena pada dasarnya media sosial adalah tempat berinteraksi antar sesama pengguna. Tapi anda tidak perlu bingung, cobalah solusi soft selling.

Forum

Salah satu contohnya adalah FJB (Forum Jual Beli) Kaskus, berjualan disana tidak perlu mengeluarkan budget caranya mudah hanya cukup menjadi member dan membuat thread.

Website

contoh bisnis lokal

Apa saja kelebihan website dalam sebuah bisnis lokal?

Meningkatkan Kredibilitas Usaha Kecil

Hadirnya internet mempermudah masyarakat mencari produk atau layanan yang dibutuhkan. Buatlah website sederhana namun tetap profesional dengan tampilan ciamik nan menarik perhatian 3 detik pertama.

Menghemat Uang

Baru membangun bisnis kecil? Dan berkeinginan untuk mempunyai website sendiri harga terjangkau? Tentu bisa, yang gratis pun juga bisa dengan membuat blog (blogspot) sederhana.

Dapat Dijangkau Semua Orang

Mau jual apa? Mobil? Motor? Pakaian? Apapun bisa dijual jika mempunyai website apalagi jangkauannya luas dari sabang sampai merauke.

Para pengguna, tinggal ketik produk yang diinginkan dan semua akan muncul sesuai kebutuhan masyarakat.

Pengiriman barang menggunakan kurir dan akan dikirim ke alamat konsumen. Sekarang tidak ada alasan sulit memesan barang.

Mudah Diakses

Hanya membutuhkan smartphone sudah bisa mengakses situs apapun yang anda inginkan. Mau mencari pinjaman dana karena ada kebutuhan penting? Kunjungi website kami di http://jaminangadaibpkbmobil.com/ dan hubungi nomor yang tercantum, isi data secara lengkap dan kirim.

Mohon tunggu, tim terkait menghubungi anda untuk proses selanjutnya agar bisa kami proses cepat.

Menghemat Waktu

Pengajuan dana melalui website bisa menghemat waktu bagi anda yang terlalu sibuk dikantor. Data dijemput oleh surveyor kerumah menyesuaikan jadwal konsumen.

Konsumen hanya perlu menyiapkan berkas penting yang dibutuhkan untuk memperlancar pemrosesan.

Bisa Memilih Produk Secara Bebas

Produk apapun bisa dijual asal tidak melanggar ketentuan moral, mulai dari pakaian sampai perlengkapan eletronik. Setiap website harus diisi dengan katalog barang beserta spesifikasi lengkap.

Marketplace

produklayanan adalah

Pasar online yang terdiri dari banyak penjual dari beberapa kalangan dan wilayah, menjual barang kebutuhan anda. Setiap akun penjual pasti terdapat review dari pembeli yang bisa dijadikan referensi.

Ingin bisnis lokal anda go international? Pelajari langkah-langkah berikut ini :

  • Lakukan Riset
  • Manfaatkan Media Promosi
  • Produk Harus Berkualitas Sangat Baik
  • Mencari Networking
  • Perencanaan Matang

Bisnis yang sudah diakui orang luar negeri, antara lain :

  • Tolak Angin
  • Indomie
  • Kopiko
  • Equil
  • Extra Joss
  • Kopi Kapal Api
  • Silver Queen
  • La Fonte
  • Polygon

Ada yang mau menambahkan lagi?

Tips sukses memulai bisnis lokal bagi pemula :

  • Yakinkan Diri
  • Persiapkan model bisnis
  • Berpikir “Out Of The Box”
  • Visi dan Misi Jelas
  • Organisir Diri
  • Rajin Mencatat
  • Fokus Pada Satu Bisnis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.